CARA MEMBUAT BUSINESS PLAN


CARA MEMBUAT BUSINESS PLAN

Disini saya akan membagikan cara untuk membuat business plan, yang di harapkan berguna bagi mereka yang ingin belajar dalam dunia bisnis maupun kepada mereka yang ikut mengikuti lomba di berbagai instansi karena bidang ini jarang ada di mata pelajaran di sekolah.

TAHAPAN MEMBUAT BUSINESS PLAN
1.     EXECUTIVE SUMMARY
Berisi ringkasan tentang semua hal yang sudah anda buat dalam business plan, executive summary di isi saat semua komponen lain sudah terbuat tetapi di taruh di halaman depan agar memberikan bayangan kepada pembaca dan bisa mudah di pahami. Mulai dari diskripsi usaha, rencana pemasaran,rencana operasional,rencana manajerial dan analisis finansial.
2.     DESKRIPSI BISNIS
Deskripsi bisnis berisi tentang cerita anda dalam membuat bisnis ini, hal yang membuat anda memiliki ide atau inspirasi yang muncul dalam proses anda dalam memulai bisnis anda tersebut. Dalam deskripsi bisnis ini juga menjelaskan tentang:
  a.Jenis usaha                                                  g. Visi
  b.Lokasi usaha                                                h. Misi
  c.Nama produk
  d.Deskripsi
  e.Nilai usaha
  f. Slogan

3.RENCANA PEMASARAN
 3.1ANALISIS STP
  A. Segmentasi dan Targeting
       Segmentasi dan targeting adalah bagaimana cara kita untuk menentukan target secara luas dan secara khusus, Segmentasi adalah target secara umum, contohnya adalah anda memiliki segmentasi remaja usia 15-30 . Nah, untuk targeting yaitu target secara  khusus yaitu remaja usia 15-30 yang masih SMP, SMA, dan Universitas negeri maupun swasta.
  B. Positioning
     Positioning adalah cara kita menempatkan produk kita dalam persaingan, differensiasi produk kita dengan competitor kita agar bisa bersaing. Contohnya, anda menaruh varian rasa modern yang sesuai dengan keinginan target anda agar memiliki sisi beda dengan produk lain
3.2 MARKETING MIX
  A. Product
     Dalam produk kita menjelaskan produk yang kita miliki dan  membuat produk kita menarik bagi orang lain dengan memunculkan kembali differensiasi dan kelebihan produk kita.
  B.Price
    Dalam price kita menentukan harga dari produk  yang kita miliki, harga di tentukan dari analisis finansial
  C. Place
      Dalam place kita memberitahu kepada pembaca tentang tempat yang kita miliki untuk menaruh/menjual produk kita, tempat yang baik yaitu tempat yang sesuai dengan target kita atau sering disebut strategis. Contohnya, anda menjual produk di tempat arah jalan pulang target anda.
  D. Promotion
    Dalam promosi kita menjelaskan tentang produk bagaimana cara kita untuk mempromosikan produk kita hingga akhirnya para target kita mengetahui dan membeli produk yang kita miliki, hingga titip terakhir mereka para konsumen bisa menjelaskan produk kepada orang lain atau world of mouth. Contohnya, target kita adalah followers dari seorang selebgram, nah kita bisa melakukan endorse dari selebgram tersebut.

4.ANALISIS KOMPETITOR
  Analisis competitor ada dua yaitu
1.     Kompetitor tidak  langsung: competitor tidak langsung itu adalah para pesaing kita secara luas, misalnya anda memiliki produk tahu bakso, pesaing tidak langsung anda adalah seleruh penjual gorengan di kota anda
2.     Kompetitor langsung            : Kompetitor langsung adalah competitor secara langsung bersaing dengan produk kita, contohnya, seluruh penjual tahu bakso yang ada di kota tersebut adalah competitor langsung kita.

5. PERMINTAAN PASAR
DEMAND POTENSIAL : Demand potensial adalah cara kita menghitung permintaan yang memiliki potensi tinggi dari produk kita. Rumus untuk menghitung demand potensial adalah
 (jumlah penduduk kota sesuai target umur) x (proporsi kelas ekonomi menengah ke atas Kota target) x (persentase jumlah penduduk yang sangat menyukai produk) x (rerata jumlah  produk yang dibeli perbulan)
DEMAND EFEKTIF: Untuk demand efektif itu bagaimana cara kita meyakini untuk mengambil incaran marketshare. Marketshare adalah 100% para pesaing kita, nah dengan analisis stp dan 4p tadi berapa persen marketshare yang anda yakini untuk mendapatkannya.
(demand potensial) x (incaran marketshare)

6. RENCANA OPERASIONAL
  INBOUND LOGISTIC: Pembelian bahan baku yang anda lakukan dalam jumlah dan harga yang sudah anda sesuaikan dengan supplier.
OPERATIONAL : Tempat kita melakukan proses pembuatan atau operasional dari produk kita tersebut
 OUTBOUND LOGISTIC: Outbound logistic menjelaskan tentang proses penjualan produk kita kepada konsumen.

7. RENCANA MANAJERIAL
  ANALISIS SWOT : Analasis ini berisi strength weakness opportunity threat yang ada didalam perusahaan yang kita miliki. Analisis streng dan weakness kita dapat dari faktor internal perusahaan yang kita miliki, sedangkan opportunity dan threat adalah faktor eksternal perusahaan yang kita miliki.
 ANALISI RESIKO : Analisis resiko berisi permasalahan yang mungkin muncul dari produk yang kita miliki baik dari segi operasional pemasaran dan juga keuangan. Analisis resiko berisi permasalahan, akar masalah, dan penyelesaian. Ini penting digunakan agar kita bisa mempersiapkan solusi atas permasalahan yang terjadi.

 8. ANALISIS FINANSIAL
 Biaya peralatan: Biaya yang digunakan untuk peralatan dalam operasional produk
 HPP : adalah harga pokok produksi atau harga asli dari suatu produk kita berdasarkan pengeluaran yang kita keluarkan untuk membuat produk kita tersebut
 Biaya produksi perbulan per gerai: Ini adalah biaya yang harus kita keluarkan untuk biaya produksi dengan harga pokok produksi dari suatu gerai perbulannya. Hal ini bisa menjadi acuan untuk kita menjalankan franchise atau buka cabang.
BEP(BREAK EVENT POINT): Ini adalah titik balik dari modal yang kita keluarkan dari setiap produksinya.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI BUKU MANAJEMEN KOPERASI

INDONESIA (SEBENARNYA) KAYA