CARA MEMBUAT BUSINESS PLAN
CARA MEMBUAT BUSINESS PLAN
Disini saya akan membagikan cara untuk membuat business plan,
yang di harapkan berguna bagi mereka yang ingin belajar dalam dunia bisnis
maupun kepada mereka yang ikut mengikuti lomba di berbagai instansi karena
bidang ini jarang ada di mata pelajaran di sekolah.
TAHAPAN
MEMBUAT BUSINESS PLAN
1.
EXECUTIVE
SUMMARY
Berisi ringkasan tentang semua hal yang sudah anda buat dalam
business plan, executive summary di isi saat semua komponen lain sudah terbuat
tetapi di taruh di halaman depan agar memberikan bayangan kepada pembaca dan
bisa mudah di pahami. Mulai dari diskripsi usaha, rencana pemasaran,rencana
operasional,rencana manajerial dan analisis finansial.
2.
DESKRIPSI
BISNIS
Deskripsi bisnis berisi tentang cerita anda dalam membuat bisnis
ini, hal yang membuat anda memiliki ide atau inspirasi yang muncul dalam proses
anda dalam memulai bisnis anda tersebut. Dalam deskripsi bisnis ini juga
menjelaskan tentang:
a.Jenis usaha
g. Visi
b.Lokasi usaha
h. Misi
c.Nama produk
d.Deskripsi
e.Nilai usaha
f. Slogan
3.RENCANA
PEMASARAN
3.1ANALISIS STP
A. Segmentasi dan Targeting
Segmentasi dan
targeting adalah bagaimana cara kita untuk menentukan target secara luas dan
secara khusus, Segmentasi adalah target secara umum, contohnya adalah anda
memiliki segmentasi remaja usia 15-30 . Nah, untuk targeting yaitu target
secara khusus yaitu remaja usia 15-30
yang masih SMP, SMA, dan Universitas negeri maupun swasta.
B. Positioning
Positioning adalah cara kita
menempatkan produk kita dalam persaingan, differensiasi produk kita dengan
competitor kita agar bisa bersaing. Contohnya, anda menaruh varian rasa modern
yang sesuai dengan keinginan target anda agar memiliki sisi beda dengan produk
lain
3.2
MARKETING MIX
A. Product
Dalam produk kita menjelaskan
produk yang kita miliki dan membuat
produk kita menarik bagi orang lain dengan memunculkan kembali differensiasi
dan kelebihan produk kita.
B.Price
Dalam price kita menentukan harga dari
produk yang kita miliki, harga di
tentukan dari analisis finansial
C. Place
Dalam place kita memberitahu kepada
pembaca tentang tempat yang kita miliki untuk menaruh/menjual produk kita,
tempat yang baik yaitu tempat yang sesuai dengan target kita atau sering
disebut strategis. Contohnya, anda menjual produk di tempat arah jalan pulang
target anda.
D. Promotion
Dalam promosi kita menjelaskan
tentang produk bagaimana cara kita untuk mempromosikan produk kita hingga
akhirnya para target kita mengetahui dan membeli produk yang kita miliki,
hingga titip terakhir mereka para konsumen bisa menjelaskan produk kepada orang
lain atau world of mouth. Contohnya, target kita adalah followers dari seorang
selebgram, nah kita bisa melakukan endorse dari selebgram tersebut.
4.ANALISIS
KOMPETITOR
Analisis competitor
ada dua yaitu
1. Kompetitor
tidak langsung: competitor tidak
langsung itu adalah para pesaing kita secara luas, misalnya anda memiliki
produk tahu bakso, pesaing tidak langsung anda adalah seleruh penjual gorengan
di kota anda
2. Kompetitor
langsung : Kompetitor langsung
adalah competitor secara langsung bersaing dengan produk kita, contohnya,
seluruh penjual tahu bakso yang ada di kota tersebut adalah competitor langsung
kita.
5.
PERMINTAAN PASAR
DEMAND
POTENSIAL : Demand potensial adalah cara kita menghitung permintaan
yang memiliki potensi tinggi dari produk kita. Rumus untuk menghitung demand
potensial adalah
(jumlah penduduk kota
sesuai target umur) x (proporsi kelas ekonomi menengah ke atas Kota target) x
(persentase jumlah penduduk yang sangat menyukai produk) x (rerata jumlah produk yang dibeli perbulan)
DEMAND
EFEKTIF: Untuk demand efektif itu bagaimana cara kita meyakini untuk
mengambil incaran marketshare. Marketshare adalah 100% para pesaing kita, nah
dengan analisis stp dan 4p tadi berapa persen marketshare yang anda yakini
untuk mendapatkannya.
(demand potensial) x (incaran marketshare)
6. RENCANA
OPERASIONAL
INBOUND LOGISTIC: Pembelian
bahan baku yang anda lakukan dalam jumlah dan harga yang sudah anda sesuaikan
dengan supplier.
OPERATIONAL
: Tempat kita melakukan proses pembuatan atau operasional dari produk
kita tersebut
OUTBOUND LOGISTIC: Outbound
logistic menjelaskan tentang proses penjualan produk kita kepada konsumen.
7. RENCANA
MANAJERIAL
ANALISIS SWOT : Analasis
ini berisi strength weakness opportunity threat yang ada didalam perusahaan
yang kita miliki. Analisis streng dan weakness kita dapat dari faktor internal
perusahaan yang kita miliki, sedangkan opportunity dan threat adalah faktor
eksternal perusahaan yang kita miliki.
ANALISI RESIKO : Analisis
resiko berisi permasalahan yang mungkin muncul dari produk yang kita miliki
baik dari segi operasional pemasaran dan juga keuangan. Analisis resiko berisi
permasalahan, akar masalah, dan penyelesaian. Ini penting digunakan agar kita
bisa mempersiapkan solusi atas permasalahan yang terjadi.
8. ANALISIS FINANSIAL
Biaya peralatan: Biaya yang
digunakan untuk peralatan dalam operasional produk
HPP : adalah harga pokok produksi atau harga asli dari suatu produk
kita berdasarkan pengeluaran yang kita keluarkan untuk membuat produk kita
tersebut
Biaya produksi perbulan per gerai: Ini adalah biaya yang harus kita
keluarkan untuk biaya produksi dengan harga pokok produksi dari suatu gerai
perbulannya. Hal ini bisa menjadi acuan untuk kita menjalankan franchise atau
buka cabang.
BEP(BREAK
EVENT POINT): Ini adalah titik balik dari modal yang kita keluarkan dari
setiap produksinya.
Sangat bermanfaat :)
BalasHapus